Sunday, May 31, 2009

Bahasa Daerah di Indonesia

Aku selalu suka belajar bahasa.
Bahasa apa aja deh...

Tapi kok susah ya cari buku bahasa daerah Indonesia ?
Nih... aku lahir n besar di Jakarta , plus suka travelling.
Jadi gak ada salahnya dong, kalo aku bisa sedikit bahasa Sunda.
jadi kalo aku ke Bandung n nanya tukang jual Surabi, "Sabaraha atuh mang ? "
n kalo dijawab , aku bisa ngerti jawabannya, gak cuma bisa nanya doang ;p

Ato kalo aku ke Jogja, bisa nawar harga Batik di pasar Beringharjo.
Guru bahasa Jawaku , ya cuma si mbak di rumah, dia yang ngajarin aku
"siji loro telu papat....." (satu dua tiga empat .....)
"wis mangan durung ? " ( udah makan belum ? )

ato kalo ke Bali, aku mau bisa ngomong lebih dari "Tiang mau beli Patung, ikut ikut ikut ;p"
(Tiang = aku)

Nah, waktu aku di toko buku Jepang yang salah satu mall di Jakarta.
Aku seneng banget liat buku ini


Practical Balinese , a communication guide, by Periplus
di bagian belakang , tertulis, US$3.95, tapi aku bayar Rp. 50.000 (beda kurs)
lumayan mahal buat buku kecil ini.....
n buku ini tuh buat konsumen yang berbahasa Inggris,
jadi penjelasan cara bacanya, n tata bahasanya, smua dalam bahasa inggris.
Ini kan buku frase kecil gitu, berguna banget deh, tapi aku gak nemu yang ditujukan buat orang Indonesia.
Aku mau dong yang buat orang Indo !!!!

Emang ada banyak buku bahasa untuk orang Indo, tapi itu buku untuk belajar sendiri bahasa asing, buku cara belajar bahasa Inggris, Perancis, Jerman, dll dll
Trus kalo mo belajar ndiri bahasa Sunda, bahasa Jawa, cari dimana bukunya ?

Jujur deh, agak malu2in gak sih, kalo bule bisa ngomong bahasa Jawa dengan lancar, n aku gak bisa.
Di Jogja aja ada tempat kursus bahasa Jawa, tapi kalo gak salah kursnya dalam dollar deh huhuhuhu :( n yang kursus disitu orang asing smua....
Menurutku , gak ada salahnya kan belajar bahasa daerah di Indonesia, pasti ada aja gunanya.
Kalo bahasa Paduang gemana ? Di-ucapin-nya aja seru banget tuh pake logat Paduang :)

Mungkin buku2 bahasa daerah gak tersedia buat orang Indo, karena "pasar"nya gak ada ?
Tapiiii... kalo adaaa.... aku pasti beli deh.... buku bahasa Sunda, Jawa, Padang, Batak, Banjar, Palembang, dll dll....

Kalau kamu ?

0 comments:

Related Posts with Thumbnails