Sunday, May 31, 2009

Kereta n Metro

Kamu pasti dah tau tentang ini kan :
MRT di Singapore, (Mass Rapid Transit)
MTR di Hongkong, (Mass Transit Railway)
Subway di New York,
The Tube di London,
La Metropolitana di Milan (La Metro)
Le Metropolitain di Paris (Le Metro)
Nah itu kan semuanya termasuk kategori kereta.
Kalo diterjemahin ke bahasa Indo, jadinya juga "kereta" kan.

Jadi gini critanya,
Waktu aku di Milan, Itali, Aku naik Metro ke apartemen temenku.
pas dah mau pulang, temenku mo nganterin aku ke stasiun metronya,
tapi aku bilang, gak usah lah, deket kok, pasti gak nyasar.
Tau taunya... huhuhu Aku agak2 nyasar.....

Jadi aku nanya orang di jalan
"Mi scusi, Sa Dov'e il treno ?"
"Permisi, Keretanya dimana ya ?"
sebenernya nanya "stasiun kereta-nya dimana" sih...
treno = train

Terus, orang itu bilang "Non c'e il treno qua"
"gak ada kereta disini"
terus dia-nya pegi, n aku mikir, ga sopan ih si mas itu.

Terus ada ada ibu2 disitu, ah nanya lagi ah
"Mi scusi Signora, Sa Dov'e il treno ?"
"Permisi Bu, tau dimana keretanya ?"

"Non c'e il treno qua"
"Gak ada kereta disini"

"Ma sono venuta col treno"
"Tapi aku datang kemari naik kereta"

"Signorina, non c'e il treno qua, ma c'e la metropolitana"
"Non, gak ada kereta disini, adanya metropolitana"

D'oh......
Aku emang dateng pake kereta, tapi namanya "la metro", bukan "il treno"
Jadi si Ibu akhirnya ngasih tau arah ke stasiun metro-nya.

Jadi di Itali itu,
Kereta / Il treno itu alat transportasi buat ke luar kota.
sedangkan Kereta / La metro itu buat di dalam kota.
Halahhh........ kalo langsung terjemahin kata, jadinya gini nih...
Jadi laen kali... lebih teliti atuh non :)

0 comments:

Related Posts with Thumbnails